KONSEP TEKNOLOGI KONVERGENSI
Konvergensi media merupakan salah satu perkembangan media
massa yang melibatkan banyak faktor teknologi di dalamnya. Kehadiran internet
mendorong media massa menerapkan konsep konvergensi media seperti media online,
e-paper, e-books, radio streaming, media sosial, dan lain-lain. Persaingan
bisnis media menjadi salah satu faktor pendorong media massa menerapkan konsep
ini karena perkembangan teknologi tidak hanya mengandalkan format cetak (koran,
majalah, buku) semata. Inovasi konvergensi media dibutuhkan agar media massa
mampu tetap bersaing di era bisnis dewasa ini. Sebagai salah satu bentuk
inovasi, konvergensi media memerlukan berbagai proses dan tahapan dalam
penerapannya. Tulisan ini akan menelusuri proses terjadinya difusi inovasi
konvergensi media dengan objek penelitian harian Pikiran Rakyat. Penelitian
secara kualitatif ini menggambarkan bagaimana konvergensi media mampu diadopsi
oleh suatu media massa secara bertahap.
Broad Band
Merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Menurut saya, Broadband merupakan hasil dari konvergensi teknologi jaman sekarang, yang merupakan pergabungan dari teknologi komunikasi seperti telepon, dan jaringan lainnya. Yang dimana untuk tujuan atau kepentingan yang beragam antara lain: pemerintah, penyelengaraan telekomunikasi dan masih banyak lagi. Teknologi broadband meliputi pengembangan teknologi exiting, insfaktur baru, maupun wireless.
Merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Menurut saya, Broadband merupakan hasil dari konvergensi teknologi jaman sekarang, yang merupakan pergabungan dari teknologi komunikasi seperti telepon, dan jaringan lainnya. Yang dimana untuk tujuan atau kepentingan yang beragam antara lain: pemerintah, penyelengaraan telekomunikasi dan masih banyak lagi. Teknologi broadband meliputi pengembangan teknologi exiting, insfaktur baru, maupun wireless.
VPN merupakan teknologi Wide Area Network(WAN) yang
dilewatkan pada jaringan public internet. VPN dibangun oleh LAPAN hanya
menghubungkan beberapa satket, sedangkan
pemanfaatanya baru sebatas penyebarluasan informasi,Browsing, FTP, pengiriman
e-mail, dan download, sehingga pemanfaatan dalam mendukung pengembanan
E-Government di LAPAN belum optimal
Pemanfaatan IT dan Kovergensi
Teknologi Informasi serta telekomunikasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Salah satu teknologi informasi dan telekomunikasi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah internet dan handphone. Handphone yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh, saat ini sudah mempunyai multi fungsi. Kita sudah dapat membuka email dan melakukan browsing melalui handphone yang kita miliki.
Teknologi Informasi serta telekomunikasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Salah satu teknologi informasi dan telekomunikasi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah internet dan handphone. Handphone yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh, saat ini sudah mempunyai multi fungsi. Kita sudah dapat membuka email dan melakukan browsing melalui handphone yang kita miliki.
Media Konvergensi
Penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembanganteknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Konvergensi media adalah penggabungan atau menyatunya saluran-saluran keluar (outlet) komunikasi massa, seperti media cetak, radio, televisi, Internet, bersama dengan teknologi-teknologi portabel dan interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital.
Penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembanganteknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Konvergensi media adalah penggabungan atau menyatunya saluran-saluran keluar (outlet) komunikasi massa, seperti media cetak, radio, televisi, Internet, bersama dengan teknologi-teknologi portabel dan interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital.
KONSEP JEJARING SOSIAL
Situs jejaring sosial atau Social network sites merupakan
sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat
profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima
teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring
sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari
identitas diri dan foto pengguna.
SEJARAH
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan
adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui
komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com
pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan
SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar
pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh
Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang
dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional
di antara 1999 dan 2001.[1] Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa
berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi
dan hubungan. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar
jejaring bisnis.[1]
Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda
pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh.[4] Dalam
keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan
dengan pengguna lain.[4] Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain
menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace.[1] Hingga akhir
tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling
diminati.
Booming Friendster.com di kalangan pelajar dan mahasiswa
pada empat tahun terakhir, telah menempatkan Indonesia sebagai pemilik account
Friendster nomor tiga sedunia. Melihat tren penghujung tahun 2008, ada
kemungkinan layanan social networking akan sedikit bergeser ke Facebook.com.
Brand Facebook yang lebih dewasa dan lebih kaya dengan aplikasi, membawa
tantangan baru bagi mantan maniak Friendster untuk lebih banyak
ber-eksperimen.
Facebook yang didirikan tahun 2004, telah mencatatkan lebih
dari 37 juta pengguna serta ribuan jaringan bisnis. Facebook dibuat oleh alumni
Universitas Harvard, Mark Zuckenberg awalnya hanya sebatas situs untuk para
alumni lulusan Harvard. Selanjutnya Facebook berkembang pesat sebagai situs
untuk hiburan dan pekerjaan. Facebook memiliki layanan fitur privasi. Dengan
layanan para pengguna Facebook dapat mengontrol terhadap siapa saja yang
diperbolehkan mengakses data profil mereka.
Facebook telah mengembangkan berbagai ragam aplikasi yang
dapat diinstall para pengguna. Aplikasi-aplikasi inilah yang memberikan nilai
tambah bagi Facebook. Aplikasi yang dikembangkan banyak yang mendukung bisnis
dan pekerjaan seperti menjual atau membeli barang, ala eBay dengan orang-orang
yang ada dalam jaringan yang dimiliki para pengguna. Dengan situsweb tersebut
kita dapat bergabung dengan komunitas pengguna situs tersebut. Mungkin sebagian
besar pengguna komunitas yang kita kunjungi adalah rekan-rekan kita atau bisa
jadi teman baru yang kita kenal di dunia “maya”. Ibaratnya bagaikan suatu
ruangan yang sangat luas di “dunia internet”, tempat berkumpul banyak orang
yang sudah kita kenal atau barangkali ingin kita kenal. Kita juga bisa
“mengundang” orang-orang yang kita kenal tapi belum tergabung dengan komunitas
jejaring sosial tersebut untuk ikut bergabung.[2] Tahun 2009, kemunculan
Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda.[1] Twitter
menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita
dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow).[1]
Pada awalnya situs-situs jejaring sosial isinya lebih banyak
terkait hal-hal yang sifatnya “fun” dan nostalgia ria tapi selanjutnya terjadi
perkembangan yang mengarah ke arah profesionalisme. Dari sekedar komunitas
biasa/pertemanan, lalu bertransformasi menjadi tempat untuk melakukan kontak
bisnis atau komunitas yang lebih serius. Para pengguna mulai memanfaatkan
situs-situs jejaring sosial sebagai alat yang mendukung profesi ataupun
wirausaha. Info kontak person dapat membantu menemukan beragam rute dan
informasi menuju jenis perusahaan yang diinginkan ataupun peluang bisnis baru.
Para pengguna situs jejaring sosial pun mulai bergeser, tidak hanya didominasi
oleh generasi muda atau remaja, golongan tua pun sudah mulai melirik situs
jejaring sosial sebagai tempat favorit bersosialisasi
MACAM-MACAM SITUS JEJARING SOSIAL
Terdapat ratusan situs jejaring sosial di berbagai belahan
dunia yang sengaja dibuat untuk menghubungkan orang-orang dalam berinteraksi
satu sama lain. Berikut adalah daftar beberapa diantaranya.
Facebook
Facebook merupakan situs jejaring sosial yang
aplikatif. Facebook menyajikan
gambaran akan hal-hal yang menarik, adanya pemberitahuan baru atau notifikasi,
ruang untuk mengobrol langsung (chatting), unggah foto/video, dan mengirimkan
pesan kepada pengguna lain di saat pengguna lain tersebut sedang diluar
jaringan (offline).
YouTube
YouTube merupakan situs yang lebih dikenal untuk menampilkan
video dimana masyarakat umum dapat mengunduh atau mengunggah video mereka
masing-masing. Dalam You Tube dikenal dua istilah, yaitu publicly private
dan privately public.
1. Publicly private
Berarti video tersebut tidak dapat diakses secara bebas oleh
publik, akan tetapi identitas pembuat video disampaikan.Agar video tersebut
hanya dapat diakses oleh orang tertentu,
pembuat video dapat membuat video tersebut terbatas untuk
teman-temannya saja (friendsonly) atau dengan tidak memberikan fasilitas
tag.
2. Privately public
Berarti video tersebut dapat diakses secara bebas oleh
publik tertentu maupun publik luas, akan tetapi identitas pembuat video
dirahasiakan. Ini karena pembuat video tidak menginginkan identitasnya
diketahui, oleh karena itu pembuat video seringkali menggunakan nama alias
tertentu.
You Tube juga memiliki halaman profil yang memungkinkan kita
untuk saling berinteraksi atau meninggalkan komentar atas video yang kita
lihat, yang disebut dengan channel page. Apabila komentar tersebut dibaca
oleh pembuat video, kita dapat berinteraksi langsung dengannya.
Merupakan situs sosial yang saat ini menduduki peringkat
pertama dengan menggunakan sistem satu arah. Dengan menekan tombol follow,
kita dapat melihat pembaharuan (update) status dari mereka yang kita ikuti
(follow).
DAMPAK PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL
Dampak
positif
Dampak positif yang timbul dari penggunaan situs jejaring
sosial adalah sebagai berikut
1. Semakin Mudahnya Berinteraksi dengan Orang Lain Karena dapat berkomunikasi secara livetime, Para pengguna jejaring sosial dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang lain. Bahkan tak lagi terpengaruh oleh jarak yang sangat jauh. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
1. Semakin Mudahnya Berinteraksi dengan Orang Lain Karena dapat berkomunikasi secara livetime, Para pengguna jejaring sosial dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang lain. Bahkan tak lagi terpengaruh oleh jarak yang sangat jauh. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
2. Sarana Promosi Kunggulan lainnya media ini dapat
digunakan sebagai sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan
lain-lain.
3. Sarana Sosialisasi Program Pemerintah Di negara
Indonesia, pemerintah banyak melakukan sosialisasi dalam berbagai hal
pendidikan, kesehatan, politik, penanggulangan bencana, ekonomi, dan informasi
yang lain. Selain menggunakan media cetak, pemerintah mensosialisasikan
programnya melalui situs jejaring sosial. Salah satu contohnya yaitu kampanye
dalam pemilu 2009.
4. Sarana Silaturahmi Tak dapat dipungkiri jika jejaring
sosial merupakan sarana paling efektif untuk menjalin Komunikasi dan
Silaturahmi dengan teman, sahabat maupun keluarga. Tanpa lagi dibatasi jarak,
tempat dan waktu, anda bisa terus menjalin silaturahmi dengan mereka, berbagi
pengalaman bahkan anda bisa merencanakan sebuah acara pertemuan keluarga dengan
mereka.
5. Sarana Hiburan Para pengguna bisa bersenang-senang dan
bergaul dengan orang dari seluruh penjuru dunia. Dengan perkembangan pesat
dunia internet, maka sarana dan prasarana untuk bisa bersenangsenang dan
bergaul di online social networking pun semakin banyak pilihan. Dari mulai maen
game dengan teman virtual anda, sampai kepada saling kirim kartu ucapan.
Dampak Negatif
1.
Kurangnya Interaksi dengan Dunia Luar
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal
secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun.
2.Orang lebih memilih
untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Hal ini
menyebabkan orang tersebut menjadi anti-sosial.
3. Membuat Kecanduan Tidak
dapat dipungkiri jika para pengguna jejaring sosial dapat menghabiskan waktunya
seharian d depan komputer karena kecanduan. Sehingga membuat produktifitas
menjadi menurun karena sebagian besar waktunya hanya digunakan untuk jejaring
sosial.
4. Pemborosan Tidak sedikit biaya yang dikeluarkan orang
tersebut tidaklah sedikit untuk mengaktifkan internet atau membayar warnet. Hal
ini tentu saja akan merugikan bagi penggunanya sendiri karena tidak sedikit
biaya yang terbuang sia-sia karena hanya sekedar menggunakan jejaring sosial.
5. Tergantikannya kehidupan social
PODCASTNG
PODCASTNG adalah website yang dapat digunakan untuk
menyimpang dan merancang audio sendiri. Podcast adalah jenis media digital yang
terdiri dari serangkaian episodik audio, video, PDF, atau file ePub file
berlangganan dan download melalui sindikasi web atau streaming secara online ke
komputer atau perangkat mobile.
Podcast berasal dari "broadcast" dan
"pod" dari kesuksesan iPod, podcast sering digunakan untuk
mendengarkan pada pemutar media portabel. Dalam konteks perangkat Apple,
istilah "Podcast" mengacu pada audio dan versi video podcast,
sedangkan versi tekstual podcast diklasifikasikan dalam aplikasi yang dikenal
sebagai Newsstand.
Manfaat dari Podcasting
Podcasting menyenangkan, karena semua
orang dapat ikut terlibat, mengekspresikan
diri, atau bertukar pikiran dan produk mereka.
Dalam podcasting, ribuan orang sudah terlibat, setiap orang
berbeda dengan podcasting mereka. Dan tidak perlu sebuah Studio atau sebuah
lisensi FCC.
Hanya memerlukan sebuah microphone, komputer dan sesuatu
yang dapat dibagikan.
Mudah untuk dikendalikan.
Tidak perlu takut kepada spam atau virus, karena Podcasting
menggunakan RSS.
KONSEP RSS
RSS adalah singkatan dari Rich Site Summary atau Really Simple Syndication.RSS feeds (kadang disebut sebagai XML feeds) adalah daftar berita atau artikel dari suatu website dimana user dapat mendaftar untuk berlangganan. RSS feeds dapat dibaca menggunakan software feed reader atau aggregator. RSS sudah ada sejak lebih dari satu dekade.Banyak digunakan oleh blog, website, ataupun portal berita untuk mendistribusikan informasi dalam bentuk.
Sejarah RSS
RSS dimulai dari 1995 oleh Ramanathan V. Guha, dikembangkan sebagai Meta Content Framework (MCF). MCF bertujuan mendeskripsikan obyek, atribut-atributnyadan hubungan antara mereka. Berikutnya Tim Bray, salah satu pionir XML, memindahkan MCF kedalam format berbasis XML, disebutnya Resouce Description Framework (RDF). RDF didefiniskan oleh World Wide Web Consortium (W3C) sebagai "a general-purpose language for representing information in the World Wide Web". RDF secara spesifik didesain untuk merepresentasikan metadata dan relasi antar hal, termasuk dasar dari konsep yang disebut Semantic Web. Sejarah perkembangan RSS tak bisa dilepaskan dari keterlibatan raksasa-raksasa software dan internet.
Perang browser di era 90-an antara Microsoft dan Netscape, pada saat XML masih belum cukup matang diterima sebagai cara standar untuk memformat data, membuat Microsoft memunculkan konsep Channel Definiton Format (CDF). CDF sudah berbasis XML, dapat mendeskripsikan rating, jadwal, logo dan metadata situs. Diperkenalkan mulai Internet Explorer 4.0, yang kemudian bisa diimplementasikan ke Windows desktop dalam bentuk Active Desktop.
Sementara MCF juga sudah lebih jauh lagi dengan XML, menjadi RDF sejak 1999. RSS pertama kali muncul pada Netscape Portal "My Netscape" sebagai RDF Site Summary, dimana user dapat mempersonalisasikan halaman mereka dengan apapun yang bisa didapat dari internet melalui itu, lalu mengaksesnya melalui sebuah file RSS.
Draft pertama dari format RSS didesain oleh Dan Libby. Format ini ini menyederhanakan banyak hal dari RDF, bagi pengguna. Format ini kemudian dikenal sebagai RSS 0.91 yang menjadi jah lebih populer daripada RDF. Adalah Dave Winner dari Userland Software yang sangat vokal mengenai hal ini. Bagaimana menyederhanakan format XML yang digunakan. Pada akhirnya RSS 0.91 benar-benar berbeda dari RDF, tapi yang pentign dapat divalidasi oleh XML parser manapun dan menjadi jauh lebih sederhana bagi
RSS Feed
Hampir setiap situs atau blog memiliki Feed (umpan) baik atom.xml, RSS, dan lainnya. Fungsi dari RSS Feed adalah mempermudah pembaca untuk selalu up to date dengan tulisan-tulisan yang disajikan oleh situs atau blog yang mereka sukai. Tentunya tanpa mereka berkunjung langsung ke situs/blog tersebut.
RSS dimulai dari 1995 oleh Ramanathan V. Guha, dikembangkan sebagai Meta Content Framework (MCF). MCF bertujuan mendeskripsikan obyek, atribut-atributnyadan hubungan antara mereka. Berikutnya Tim Bray, salah satu pionir XML, memindahkan MCF kedalam format berbasis XML, disebutnya Resouce Description Framework (RDF). RDF didefiniskan oleh World Wide Web Consortium (W3C) sebagai "a general-purpose language for representing information in the World Wide Web". RDF secara spesifik didesain untuk merepresentasikan metadata dan relasi antar hal, termasuk dasar dari konsep yang disebut Semantic Web. Sejarah perkembangan RSS tak bisa dilepaskan dari keterlibatan raksasa-raksasa software dan internet.
Perang browser di era 90-an antara Microsoft dan Netscape, pada saat XML masih belum cukup matang diterima sebagai cara standar untuk memformat data, membuat Microsoft memunculkan konsep Channel Definiton Format (CDF). CDF sudah berbasis XML, dapat mendeskripsikan rating, jadwal, logo dan metadata situs. Diperkenalkan mulai Internet Explorer 4.0, yang kemudian bisa diimplementasikan ke Windows desktop dalam bentuk Active Desktop.
Sementara MCF juga sudah lebih jauh lagi dengan XML, menjadi RDF sejak 1999. RSS pertama kali muncul pada Netscape Portal "My Netscape" sebagai RDF Site Summary, dimana user dapat mempersonalisasikan halaman mereka dengan apapun yang bisa didapat dari internet melalui itu, lalu mengaksesnya melalui sebuah file RSS.
Draft pertama dari format RSS didesain oleh Dan Libby. Format ini ini menyederhanakan banyak hal dari RDF, bagi pengguna. Format ini kemudian dikenal sebagai RSS 0.91 yang menjadi jah lebih populer daripada RDF. Adalah Dave Winner dari Userland Software yang sangat vokal mengenai hal ini. Bagaimana menyederhanakan format XML yang digunakan. Pada akhirnya RSS 0.91 benar-benar berbeda dari RDF, tapi yang pentign dapat divalidasi oleh XML parser manapun dan menjadi jauh lebih sederhana bagi
RSS Feed
Hampir setiap situs atau blog memiliki Feed (umpan) baik atom.xml, RSS, dan lainnya. Fungsi dari RSS Feed adalah mempermudah pembaca untuk selalu up to date dengan tulisan-tulisan yang disajikan oleh situs atau blog yang mereka sukai. Tentunya tanpa mereka berkunjung langsung ke situs/blog tersebut.
RSS Reader
RSS juga memastikan privasi menjadi aman. yang tadinya kita berlangganan mengikuti sebuah web dengan cara pengiriman Email menjadi hanya membutuhkan sebuah RSS Reader.
RSS juga memastikan privasi menjadi aman. yang tadinya kita berlangganan mengikuti sebuah web dengan cara pengiriman Email menjadi hanya membutuhkan sebuah RSS Reader.
MANFAAT RSS
- Menjalin hubungan lebih erat dengan pelanggan. Pelanggan yang mendaftar RSS anda akan terus mendapatkan informasi terkini mengenai bisnis anda.
- Hasilkan lebih banyak traffik.
- Memanfaatkan RSS akan menghasilkan lebih banyak traffik buat anda.Jaminan konten sampai. Beda dengan email marketing yang kadang tak sampai 100% berhasil masuk ke email pelanggan, menggunakan RSS pasti sampai ke alat RSS mereka.
- Pengunjung mudah mensubscribe. Mendaftar di RSS sangat mudah. Pengunjung tak repot untuk melakukannya.
- Menerbitkan konten sangat mudah. Update konten terbaru akan sampai di RSS reader pembaca.
- Mudah menyebar di internet. Melalui RSS, konten dan berita dari website anda mudah tersebar secara luas di internet.
- Membuat pengunjung datang lagi. Pengunjung yang baru pertama kali datang ke website atau blog anda, setelah mendaftar di RSS, besar kemungkinan akan datang kembali.
- Membentuk target kontak tertarget. Secara otomatis, mereka yang tak tertarik dengan konten anda tak akan mendaftar. Sebaliknya mereka yang tertarik akan mendaftar.
- Tempat iklan. Sekalipun perkembangan iklan di RSS tak sekencang di tempat lainnya, namun tak menutup kemungkinan nantinya akan menjadi salah satu alternatif utama beriklan.
- Melihat kebiasaan pengunjung. Melalui RSS juga bisa dilacak bagaimana kebiasaan pelanggan RSS anda. seberapa sering membaca dan mengklik link konten anda melalui feed.
IPTV
IPTV adalah layanan
tahap lebih lanjut dari bentuk interaksi
multimedia yang ada saat ini. IPTV menawarkan hal-hal baru sebagai berikut,
broadcast televisi dan video dengan akses internet, content on demand,
interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband, kualitas layanan (quality
of service) dan kualitas pengalaman (quality of experience) bagi pelanggan.
Layanan IPTV yang interaktif dan real time, maka kebutuhan bandwidth pada IPTV
cukup besar. Maka dari itu, IPTV membutuhkan jaringan broadband untuk
pengiriman sinyal televisi digital yang mempunyai kecepatan data yang tinggi.
SEJARAH IPTV
Pada tahun 1994, ABC World News Now adalah
acara televisi pertama yang disiarkan melalui Internet, dengan menggunakan perangkat
lunak konferensi video CU-SeeMe.
Istilah IPTV pertama kali muncul pada tahun 1995 dengan
pendirian ajaran Software oleh Judith Estrin dan Bill Carrico. Ajaran dirancang
dan dibangun sebuah produk video internet bernama IP / TV. IP / TV adalah MBONE
Windows yang kompatibel dan aplikasi berbasis Unix yang bergerak tunggal dan
multi-sumber audio / video lalu lintas, mulai dari kualitas rendah sampai DVD,
menggunakan kedua unicast dan multicast IP Real-time Transport Protocol (RTP)
dan kontrol real time protokol (RTCP). Perangkat lunak ini ditulis terutama
oleh Steve Casner, Karl Auerbach, dan Cha Chee Kuan. Ajaran diakuisisi oleh
Cisco Systems pada tahun 1998. Cisco mempertahankan IP / TV merek dagang.
Radio internet perusahaan AudioNet memulai webcast live
pertama terus menerus dengan konten dari WFAA-TV pada bulan Januari 1998 dan
KCTU-LP pada tanggal 10 Januari 1998.
Kingston Communications, operator telekomunikasi regional di
Inggris, meluncurkan KIT (Kingston Interaktif televisi), sebuah IPTV lebih dari
DSL broadband layanan TV interaktif pada bulan September 1999 setelah melakukan
uji coba berbagai TV dan VoD. Operator menambahkan layanan VoD tambahan pada
bulan Oktober 2001 dengan Ya TV, penyedia konten VoD. Kingston adalah salah
satu perusahaan pertama di dunia untuk memperkenalkan IPTV dan VoD IP lebih
dari ADSL.
Pada tahun 2002, Sasktel adalah orang pertama yang komersial
menyebarkan Internet Protocol (IP) video melalui jalur pelanggan digital (DSL)
menggunakan Stinger Lucent (R) DSL platform. Pada tahun 2006, adalah perusahaan
Amerika Utara pertama yang menawarkan saluran HDTV atas layanan IPTV.
Pada tahun 2003, Jumlah Akses Jaringan Inc
meluncurkan layanan IPTV, terdiri dari 100 stasiun IPTV bebas di seluruh dunia.
Layanan ini telah digunakan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, dan
memiliki saluran dalam 26 bahasa.
Pada tahun 2005, Bredbandsbolaget meluncurkan layanan IPTV
sebagai operator seluler pertama di Swedia. Pada Januari 2009, mereka bukan
lagi pemasok terbesar; TeliaSonera yang meluncurkan layanan mereka kemudian
memiliki pelanggan sekarang lebih.
Pada tahun 2006, AT & T U-Ayat meluncurkan layanan
IPTV-nya di Amerika Serikat, yang terdiri dari kepala akhir nasional dan
regional video-melayani kantor. AT & T menawarkan lebih dari 300 channel di
11 kota dengan lebih yang akan ditambahkan pada tahun 2007 dan seterusnya. Pada
bulan Maret 2009, AT & T mengumumkan bahwa U-ayat telah diperluas ke 100
atau lebih channel High Definition di setiap pasar TV U-Ayat. [10] Saat menggunakan
protokol IP, AT & T telah membangun jaringan IP privat khusus untuk
transportasi video.
Feature yang dimiliki oleh IP/TV
• IP/TV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded
digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan
capturing dan transmisi program dari berbagai source.
• IP/TV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program
sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat
memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.
• IP/TV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan
tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi
yang efisien, yaitu IP multicasting.
• IP/TV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre
Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini
merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk
menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan
bandwidth yang tersedia.
• Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang
konvensional, IP/TV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya
print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus
(karena IP/TV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu
LAN/WAN).
Cara Kerja IPTV
System IPTV dasar dapat kita gunakan untuk mendapatkan akses
ke berbagai media. sebuah perangkat televisi dihubungkan ke Set top box (STB)
yang mengkonversi IP video menjadi signal televisi standar. STB akan berfngsi
menjadi penghubung ke sistem switch dari IP video. Contoh dibawah menunjukkan
Switched Video Service (SVS) memberikan koneksi pada pemirsa untuk mengakses
berbagai sumber , termasuk siaran broadcast, servis langganan, bahkan pemesanan
video. Ketika pengguna ingin mengakses sumber-sumber media ini, semua perintah
kontrol (biasa dilakukan melalui remote kontrol) akan dikirimkan ke SVS yang
nantinya akan menentukan media mana yang akan dikoneksi. Diagram dibawah
memnunjukkan bahwa pengguna hanya membutuhkan satu video channel agar SVS dapat
mengakses berbagai sumber yang pada dasarnya tidak terbatas..
referensi :
mulianizalukhu Perangkat Jaringan http://mulianizalukhu.blogspot.com/2017/05/defenisi-dan-sejarah-iptv.html
Abdillah Yafi Aljawiy 1 , Ahmad Muklason 2 JEJARING
SOSIAL dan DAMPAK BAGI
PENGGUNANYA file:///C:/Users/asus/Desktop/46-616-1-PB.pdf
Ahmad Syauqi Ahsan RSS (Really Simple Syndication)
file:///C:/Users/asus/Downloads/Documents/RSS%20(Really%20Simple%20Syndication).pdf
Dr. Muhammad Yaumi Media dan Teknologi
Pembelajaran https://books.google.co.id/books?id=2uZeDwAAQBAJ&pg=PA178&dq=konsep+podcasting&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjpjObAqtDlAhXBlOYKHZjYDNQQ6AEIPTAC#v=snippet&q=podcasting&f=false
Sakiwan Kajian Virtual Private Network(VPN) Lapan dan
Pemanfaatannya Dalam Mendukung Pengembangan E-Gevorment file:///C:/Users/asus/Downloads/Documents/1520-1380-2-PB.pdf
Idhar Resmadi*, Sonny Yuliar KAJIAN DIFUSI INOVASI
KONVERGENSI MEDIA DI HARIAN PIKIRAN RAKYAT http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1141/747
Kajian Jurnalisme ,Podcast sebagai Alternatif Distribusi
Konten Audio file:///C:/Users/WIN%2010/Desktop/10562-29732-1-PB.pdf
Komentar
Posting Komentar