MEMBUAT SEGITIGA DENGAN MENGGUNAKAN DELPHI

MEMBUAT SEGITIGA DENGAN 

MENGGUNAKAN DELPHI




 Pada gambar di atas terdapa sebuah Steatment dari objek button5 Clear, steatment ListBox1.Item.Clear; berfungsi untuk membersihkan isi dari listbox. Dan pada steatment berikutnya terdapa Edit1.Clear; yang berguna untuk menghapus isi dari Edit1.



Pada gambar di atas terdapat block steatment dari button4 untuk keluar atau mengakhiri sebuah program.

 

 Pada gambar berikut ini button3 terdapat pendeklarasain variable q,w,e  sebagai integer dan sebagai string. Pada line berikutnya terdapat steatmente q:=strtoint(Edit1.Text); yang mana variable Edit1.Text diubah dari string menjadi integer dan disimpan kedalam variable q.
Pada line 75 terdapat perulangan for w := 1 to q do yang mana perulangan for kan mengulang sebanyak inputan variable q, perulangan for akan menjalankan steatment a:=a+’*’; dimana variable adalah string yang bernilai ‘*’ lalu di tambah dengan variable itu sendiri.
 Pada line selanjutnya terdapat juga perulangan for e:=0 to w-1 do yang mana setelah nilai variable w sama dengan q, maka pada perulangan ini nilai dari variable akan dikurang 1 sampai sama dengan variable e yaitu 0, pada line berikutnya terdapat steatment ListBox1.Items.Add(a); yang mana variable string  akan di cetak pada ListBox1 setelah proses pengulangan selesai.
 

 Pada gambar berikut ini button2 terdapat pendeklarasain variable x,y,z  sebagai integer dan bintang sebagai string.
            Pada line berikutnya terdapat blok steatment bintang :‘*’; yang mana variable string bintang menyimpan nilai string‘*’ dan pada line berikutnya terdapat steatment variable y:=strtoint(Edit1.Text); yang mana variable Edit1.Text diubah dari string menjadi integer dan disimpan kedalam variable y. pada line selanjutnya terdapat perulangan for x := 0 to y do yang mana perulangan for kan mengulang sebanyak inputan variable y.
            Pada line berikutnya terdapat steatment ListBox1.Items.Add(bintang); yang mana variable string bintang  akan di cetak pada ListBox1 setelah proses pengulangan selesai, bintang:=bintang+‘*’; lalu variable string bintang akan di jumlah dengan variablenya itu sendiri dan akan menambahkan jumlah dari variable bintang tersebut.






OUTPUT






       




           

            
             




Komentar